Posted by : Wira Senin, 18 Januari 2016

Sobat Bolpen, sudah tak asing bukan dengan meme. Hampir setiap hari, Sobat Muda bisa temukan meme melalui media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dll. Selain di media sosial, meme juga hadir di website tersendiri seperti halnya 9gag.com dan 1cak.com. Meme sendiri kadang berisi humor maupun “sentilan” terhadap berita yang sedang hangat dimasyarakat. Meski begitu, ternyata meme memberikan dampak kuat loh Sobat Bolpen dalam perubahan sosial dan penyampaian aspirasi di masyarakat.

Contohnya saja beberapa hari lalu sempat ramai di internet seputar hasil sidang kebakaran hutan dengan penggugat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) terhadap PT Bumi Mekar Hijau (BMH) yang menuai kritik. Kritikan ini berupa keputusan majelis hakim Pengadilan Negeri Palembang, yaitu Parlas Nababan, sebagai ketua majelis, yang menolak gugatan perdata senilai Rp 7,9 triliun  terkait kasus kebakaran hutan dan lahan di konsesi PT BMH pada tahun 2014. Parlas menilai bahwa kebakaran tak merusak lahan karena masih bisa ditanami lagi. Melihat itu, sejumlah netizen pun mengeluarkan “sentilan” melalui meme

Nia Elvina, seorang sosiolog Universitas Nasional, membenarkan meme sendiri dapat memberikan pengaruh yang kuat kepada masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat kelas menengah  ke atas. “Meme memang dapat menarik perhatian masyarakat, karena sebagian besar masyarakat cukup mudah menemukan meme di internet”, ungkapnya. Masyarakat tersebut sangat lah sering mengetahui perkembangan berita di media massa, karena sering berintarksi dengan internet. Inilah yang mendorong masyarakat untuk peduli dengan menyampaikan aspirasinya melalui meme. Penggunaan meme ini dirasa tepat mengingat meme sendiri lekat dengan visualisasi yang memudahkan orang dalam menerima informasi. Selain itu, setiap pesan yang disampaikanya juga disertai dengan lelucon yang unik.

Nia Elvina
Perlu diketahui Sobat Bolpen, Meme (biasa dibaca mim) sendiri merupakan ide, perilaku atau gaya yang menyebar dari satu orang ke orang lain melalui internet. Meme sendiri tidak hanya berupa gambar, bisa berupa hyperlink, video, website, ataupun hashtag. Istilah meme sendiri berasal dari buku karya Richard Dawkins berjudul The Selfish Gene yang mengacu pada kreativitas manusia.

Nia berharap dengan adanya meme ini masyarakat maupun pemerintah dapat mengambil manfaatnya.  Masyarakat dapat lebih peduli terhadap perkembangan Indonesia. Sedangkan pemerintah dapat menfaatkan meme sebagai masukan aspirasi dari masyarakat untuk memperbaiki kinerja pemerintah. “Meme sendiri harus dimanfaatkan betul karena dapat memberikan manfaat bagi masyarakat maupun pemerintah." pungkasnya.

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. izin share ya admin :)
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Line : agen365
    WA : +855 87781483 :)
    Silakan di add ya contaknya dan Bergabung juga ya :)

    BalasHapus

Popular Post

Instagram
Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Bolpen Bolpenan -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -