Posted by : Wira Kamis, 21 Januari 2016

Pesatnya pengaruh perkembangan teknologi dan aneka ragam gadget mendorong untuk memanfaatkannya dengan benar. Namun, tak sedikit pula juga yang menyimpang dari perkembangan teknologi loh Sobat Bolpen seperti halnya dengan fenomena sexting. Sexting sendiri merupakan istilah yang dipakai untuk aktivitas mengirim atau mengunggah foto/video atau mengirim pesan teks yang mengandung konten seksual. Bahkan, banyak pemuda juga turut melakukan sexting entah untuk sekadar narsis maupun dengan pasanganya. Nah, sebenarnya seberapa besar sih fenomena sexting itu di Indonesia ?

Menurut seorang sosiolog UI, Dr. Ir. Fu Xie, Sexting sendiri tidak lepas dari perkembangan teknologi saat ini yang semakin murah dan canggih. Hal itu juga tidak lepas dari arus globalisasi yang mengarahkan pemuda untuk melihat fenoma di barat maupun negara ikon (Jepang, Korea) yang menyebabkan mengikisnya konsep moral pada pemuda saat ini. “Fenomena ini tak lepas dari perkembangan teknologi maupun arus globalisasi yang menimpa pemuda dimana pemuda secara hormonal mudah terstimulasi dengan konten seksual,” ungkap Fu Xie kepada Young Radar.

Beberapa orang yang melakukan sexting beralasan bahwa sexting sebagai tempat untuk memperoleh pengakuan dari orang lain melalui media sosial. Karena dengan melakukan hal tersebut, seseorang akan mudah memperoleh perhatian dari orang lain. Namun, tak sedikit pula yang merasa ketakutan bila fotonya disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab seperti rekayasa foto.

Untuk mencegah itu, peran keluarga dan teman dapat membantu pelaku sexting untuk berhenti dari hal tersebut. Menurut Kepala Biro Psikolog Rumah Cinta Bogor, Retno Lelyani Dewi, Keluarga harus memposisikan diri untuk tidak menyalahkan pelaku sexting, tetapi memahami penyebab terjadinya hal tersebut. Begitu juga dengan teman, teman harus dapat mengingatkan dan memberikan motivasi pelaku sexting untuk tidak mengulanginya lagi. “Keluarga dan teman bisa menjadi sarana pelaku sexting untunk tidak mengulangi kebiasaannya untuk sexting,” ungkapnya.

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. izin share ya admin :)
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Line : agen365
    WA : +855 87781483 :)
    Silakan di add ya contaknya dan Bergabung juga ya :)

    BalasHapus

Popular Post

Instagram
Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Bolpen Bolpenan -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -