Posted by : Wira Jumat, 25 April 2014

Setiap manusia telah dilahirkan sebagai makhluk sosial. Karena dilahirkan sebagai makhluk sosial, tentu saja manusia perlu saling berinteraksi dengan orang lain yang ada di sekitar lingkungannya, seperti di lingkungan rumah, kampus, sekolah, dll. Selama terjadinya interaksi, seseorang akan merasa membutuhkan bantuan orang lain dalam hal apapun.  Hal itu karena manusia dikenal selalu membutuhkan bantuan orang lain dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Salah satunya adalah wawancara.

Bentuk Kegiatan Wawancara
Wawancara merupakan kegiatan seseorang atau kelompok dalam mencari informasi kepada orang lain. Wawancara umumnya digunakan di dunia kerja yang memiliki sifat formal. Di dunia kerja, wawancara digunakan sebagai sarana untuk memperoleh calon pekerja yang memiliki kualitas baik. Selain itu, sebagian profesi, seperti jurnalistik sangat dibutuhkan sebagai cara dalam memperoleh data yang nantinya akan di olah menjadi informasi. Tidak lepas dari sifat formal, wawancara dalam jurnalistik memiliki aturan tersendiri dalam melakukannya.

Sebelum melakukan wawancara, tentukanlah tema dan topik yang digunakan sebagai tujuan melakukan wawancara. Ini dilakukan agar menfokuskan pembicaraan dan mendapatkan data yang dibutuhkan. Kemudian, buatlah daftar pertanyaan yang terdiri dari 5W+1H (apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana) yang akan menjadi pedoman dalam memberikan pertanyaan kepada narasumber. Bila semua usaha sudah siap untuk melakukan wawancara, carilah narasumber yang sesuai dengan data yang akan dicari. Perlu diketahui bahwa dalam mencari narasumber harus memenuhi kriteria sebagai seseorang yang memahami suatu bidang tertentu ataupun seseorang yang berkaitan dengan terjadinya suatu peristiwa. Dalam mencari narasumber, Anda bisa melakukannya dengan terjun ke lapangan secara langsung ataupun melakukan janji dengan narasumber untuk melakukan wawancara. Jangan lupa ketika bertemu dengan narasumber (baik secara langsung ataupun tidak langsung) perkenalkan diri dan beritahu maksud dari melakukan wawancara.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Instagram
Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Bolpen Bolpenan -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -