Posted by : Wira Senin, 21 April 2014

Menulis adalah sebuah kegiatan yang sering kita lakukan dimanapun dan kapanpun, baik itu disekolah pada pagi hari atau dirumah pada malam hari untuk menulis buku diari. Menulis dapat membuat kita mencurahkan semua emosi yang ada dalam benak kita entah kita sedang susah maupun senang. Selain, itu menulis juga dapat dijadikan sebagai media untuk mengasah kreativitas dan kepandaian dalam merangkai kata. Dari menulis itu sendiri kita akan terbiasa menuliskan sesuatu mulai dari hal kecil yang sepele seperti buku harian hingga yang besar seperti novel. Terkadang orang dalam menulis memiliki kendala malas yang dapat menyebabkan seseorang kesusahan dalam mencari ide dalam menuliskan sesuatu. Padahal menulis itu sendiri sangat penting. Tapi bagaimana caranya dalam menyiasati hal itu ?


Ilustrasi
Langkah pertama adalah memiliki niat dalam hati untuk menulis. Niat sangat penting sekali dalam menulis karena ini yang menjadi penentu kelanjutan seseorang dalam menulis, bisa sering untuk menulis atau mungkin lebih buruk dari itu. Langkah kedua adalah dengan mengetahui karakter diri Anda dalam memperoleh mood booster agar merasa nyaman dalam menulis. Meskipun Anda terkadang mendapat gangguan, seperti malas, ribut, ataupun tidak ada ide, hal itu semua akan sedikit berkurang atau bahkan tidak ada sama sekali bila Anda memperoleh kenyamanan dalam menulis. Contoh dalam memperoleh kenyamanan menulis seperti menulis cerita dengan menggunakan media laptop ataupun menggunakan buku catatan. Langkah ketiga cobalah untuk meluangkan waktu sedikit untuk menulis. Kebanyakan orang merasa malas dalam menulis karena dirinya merasa kehabisan waktu selama sehari untuk bisa meluangkan  waktunya dalam menulis. Bila hal ini terjadi, Anda bisa menyiasatinya dengan memiliki sebuah buku kecil (buku saku). Buku kecil ini dapat membantu Anda dengan menuliskan sebuah konsep (draft) tulisan yang sekiranya menarik untuk ditulis ulang dalam bentuk artikel. Ketika ada benar-benar memiliki waktu luang, buku kecil ini akan secara tidak langsung memotivasi diri Anda untuk mengolah konsep tulisan yang pernah Anda buat menjadi sebuah artikel.

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. Oya mau tanya donk.. bagaimana cara mensiasati ketakutan untuk memposting tulisan ke blog atau mengirimkan tulisan ke redaksi ?, kadang banyak tulisan yang hanya menjadi draft di PC atau buku catatan, tanpa terealisasikan seolah tulisannya menjadi mubajir . karna takut tulisan kurang menarik atau salah ini salah itu.. bagaimana mengatasi ketakutan itu ya.. terimakasih Mr. Bolpen...

    BalasHapus

Popular Post

Instagram
Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Bolpen Bolpenan -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -